cosmobikers.com

Email Print PDF

AVENUE VEGAS A1 MTB

 

Sepeda di kategori Cross Country (XC) menjadi pilihan paling umum di genre Mountain Terrain Bike (MTB) karena bisa dipakai di beragam kondisi, apalagi buat pemula yang baru mengawali hobi sepeda. Genre XC jadi pilihan paling aman untuk pengenalan sebelum menjajal genre lainnya.

 

Tapi ketika hobi bersepeda jadi serius sehingga pilihan sepeda XC pun makin banyak, maka banyak yang beralih ke sepeda XC dengan suspensi belakang dengan alasan kenyamanan. Tak mengapa, karena sepeda XC tipe Hardtail (HT) bisa kalah nyaman karena minus sokbreker saat melintasi jalur sepeda berbatu.

 

Tapi buat penggila sepeda XC, justru sepeda HT jenis high end yang dibuat dengan material kelas wahid dan fitur lebih masih jadi pilihan teratas karena menawarkan keunggulan tersendiri seperti bobot ringan, efisiensi kayuhan yang tinggi hingga handling mantap di beragam kondisi jalan.

 

Saat ini produsen sepeda memilih bahan eksotis seperti scandium, serat karbon hingga titanium sebagai pondasi membangun sepeda XC HT papan atas. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangan karena ketiga material ini membutuhkan pengerjaan tak biasa dibanding alumunium alloy yang biasa dipakai di frame di rentang harga mid to low.

 

Selanjutnya jika pilihan bahan sudah ditentukan, maka desain geometri yang ideal dengan fitur modern menjadi tantangan buat desainer sepeda untuk mengkreasikan sepeda XC HT yang mumpuni di beragam medan tanah. Karena sepeda XC high end kerap dibuat untuk target konsumen negara asalnya yang bisa jadi berbeda dengan kemauan pasar Indonesia yang unik. Hingga konsumen seolah tak ada pilihan lain untuk tidak memilih merek yang itu-itu saja.

 

Tapi kini telah hadir di Indonesia, Avenue Vegas A1 sebagai pilihan baru sepeda XC HT yang terbuat dari bahan Titanium Grade 9 dengan sederet fitur terkini. Sebut saja aplikasi head tube model taper untuk mengakomodasi tren fork tipe taper, bottom bracket model Press Fit 92 mm yang memudahkan instalasi crankset dan kaliper rem belakang dengan Post Mount 160 mm tanpa memerlukan adaptor jadi lebih ringan.

 

Sebagai frame high end, Avenue Vegas A1 ini punya tampilan cantik yang jelas menunjukkan kelas tersendiri di kalangan pengguna sepeda. Sebagai ciri identitas maka dengan gampang akan ditemukan logo A di headtube, lalu tulisan Avenue di bagian seatstay dan rear brake support plate. Dengan metode grafir khusus sehingga frame Avenue Vegas A1 ini punya ciri tersendiri, bukan sekedar frame titanium biasa.

 

Berbeda dengan frame alumunium yang dengan gampang dicat, frame titanium lazimnya hanya dipoles dengan metode tertentu sehingga hanya ada 2 pilihan finishing yaitu polished yang mengkilat dan sandblast yang doft.

 

Saat ini tersedia dua ukuran S (Small) dan M (Medium) yang cocok untuk karakter badan orang Indonesia, meski tak menutup kemungkinan akan bertambah size XS (Xtra Small) dan XL (Xtra Large) jika ada permintaan dari pasar. Berminat?