cosmobikers.com

Email Print PDF

EFI Meter KOSO Multi-funciton

Cosmo Bikers LoversSetiap pengendara kendaraan roda dua pasti ingin kendaraannya enteng dikendarai, nyaman, tidak boros bahan bakar serta seluruh komponen mesinnya berfungsi dengan baik dan gampang terditeksi. Untuk mencapai kenyamanan berkendara seperti itu, kita butuh perangkat teknologi yang harus bisa membantu.

Kali ini kita bahas tentang EFI Meter Multi-funciton keluaran KOSO. Alat ini merupakan sebuah perangkat monitor yang dapat mampu membaca mulai dari RPM, Temperature, Air Fuel Ratio hingga jam. Semua perangkat mesin motor anda dapat terditeksi atau terbaca dilayar monitornya. Sehingga menggampangkan anda untuk tidak ragu terhadap kinerja mesin motor anda disetiap kondisi.

Apa saja yang terditeksi pada mesin kendaraan melalui EFI?

1. Untuk mengetahui RPM atau putaran mesin pada motor tersebut dan mensuplai listrik yang masuk ke aki. Misalnya; kestabilan aki 12,5 volt (terbaca dilayar monitor). Setelah mesin dijalankan tegangan aki akan naik menjadi 14,2 volt (pengisian stabil/normal). Perangkat-perangkat atau sensor-sensor yang membutuhkan listrik yang stabil, seperti lampu sein dan lain-lain (Electrical Systems) tidak dapat bekerja dengan baik apabila kekurangan suplai listrik.

Yang perlu diperhatikan disini, yakni bila tegangannya kurang dari 12 volt maka akan mengganggu sistim kerja sensor-sensor pada kendaraan. Dan akan mengakibatkan sensor tidak berumur panjang.

2. Bisa membantu riders untuk mengetahui temperature yang terjadi di mesin motor pada saat motor dalam kondisi diam dan bergerak/ riding. Misalnya temperature normal pada mesin antara 85 derajat selsius sampai 95 derajat selsius. Pada angka 100 - 110 masih aman tapi performa motor akan turun.  

3. Bisa mengetahui Air Fuel Ratio (AFR) dengan sempurna. Disini terjadi percampuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.  Percampuran bahan bakar dengan udara rata-rata AFR diantara 10 – 20. Bila di layar monitor menunjukan angka AFR 10 – 12, berarti motor dalam keadaan boros bahan bakar, dan kalau diangka 13 - 15 masih normal, namun kalau diangka 15 - 20 kurang suplai bahan bakar.

Apa saja keunggulan dari EFI Meter KOSO?

- Menampilkan RPM (Ratio Per Minute) untuk membantu riders menentukan waktu pindah gigi.

- Menampilkan temperature mesin untuk menjaga panas mesin Air Fuel Ratio (AFR) untuk     perbandingan udara dan bahan bakar yang diperlukan oleh ruang bahan bakar.

- Volt meter untuk menjaga daya listrik, khususnya pada motor tipe injeksi.

- Shift Light membuat riders bisa mengontrol perpindahan trnasmisi. Keterangan waktu (jam).

Alat ini sangat membantu riders untuk bisa mengetahui kondisi mesin motornya sewaktu riding. Informasi lebih lengkap tentang perangkat yang satu ini serta harga. Silahkan kunjungi online shop; oneteamstore.com atau datang langsung saja ke TDR Technology Center Jalan Swadaya IV no 09 Cakung Jakarta Timur, tlp. 021-46-000-30. Disini anda akan dilayani tim mekanik yang sudah berpengalaman tanpa memungut biaya. Salam One Team Riders Community,,,!