cosmobikers.com

Email Print PDF

Berbagi Air Bersih di Dusun Ringringan Gunung Kidul Yogya

Cosmo Bikers Lovers – Seluruh makhluk hidup yang ada di bumi pasti membutuhkan air. Air bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan. Banyak manfaat yang diberikan untuk makhluk hidup. Fungsi air dalam kehidupan tidak hanya memenuhi kebutuhan secara fisik (tubuh manusia), tetapi juga berperan sebagai pemenuh kebutuhan manusia sehari-hari. Baik untuk mencuci pakaian, mandi, dan memenuhi kebutuhan manusia lainnya. Bahkan makhluk hidup lain berupa hewan dan tumbuh-tumbuhan mengkonsumsi air sebagai pemenuh kebutuhannya.

Kebutuhan terhadap air inilah sedang dialami beberapa kecamatan di wilayah Gunung Kidul. Salah satunya adalah Kecamatan Girisubo Kelurahan Balong Dusun Ringringan. Kekeringan semakin meluas, sehingga mendorong Graha Kasih Sesama Foundation (GKS Foundation) untuk melakukan aksi kemanusiaan di wilayah tersebut. Yayasan yang sudah beberapa kali melakukan aksi kemanusiaan ini memilih wilayah Gunung Kidul sebagai aksi yang kesekian kali.

“Kami sengaja memilih Wonosari, karena merupakan salah satu kota yang miskin di Indonesia. Hasil kebunnya gagal terus dan masalah terbesar adalah air. Daerah ini merupakan daerah yang memiliki curah hujan sedikit akibatnya terjadi kekeringan. Sebab itu kami sengaja kesana untuk melihat lebih dekat, kira-kira apa yang harus kami bantu, “Ungkap Cecilia Mikha Januar Koordinator GKS Faundation.

Rencananya GKS Foundation akan berupaya menyediakan air bersih lanjut Cecil, rencana ini masih dalam taraf penjajakan, apakah akan dibuat sumur arteis atau tempat penampungan air. Saat ini masih terus dipelajari. Kami akan mencoba bekerjasama dengan ahli geologis terlebih dulu untuk melihat struktur tanah yang berbatuan, apakah memungkinkan dibuat saluran air.

Dusun Ringringan yang letaknya hampir 2 kilometer dari jalan raya merupakan salah satu Dusun yang mendapat bantuan air bersih dari tim kemanusiaan GKS Foundation Jakarta. Terlihat warga Dusun dengan senang hati menerima bantuan air bersih tersebut. “Kebutuhan air bersih kami disini selain menungu air hujan, kami beli dari pemerintah daerah sini. Seminggu 2 kali, itupun kami yang pesan. Harga per satu tengki Rp. 125. 000,-. Bertahan hanya 3 hari. Terimakasih atas bantuan mas-mas dari Jakarta,” kata Mb Ety warga Dusun Ringringan.

Bantuan Air Bersih untuk Dusun-Dusun di daerah ini sebanyak 50 tangki. Secara simbolis diserahkan kepada Lurah Balong bapak Suwardiyanto di Kantor Kepala Desa Balong Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul. “Saya mewakili warga disini mengucap terima kasih atas bantuan yang diberikan. Memang kami sedang menghadapi musim kering yang tidak menentu, sehingga berdampak besar terhadap penyediaan air minum bersih. Kami akan menyalurkan bantuan ini kepada warga desa kami. Kami berharap, jangan hanya kali ini saja, namun berkelanjutan, yah,,,mungkin setahun sekali atau dua kali setahun, hahahaha,,,” harap Pa Yanto di Kantor Kapala Desa pada saat ikut mendampingi warganya menerima bantuan dari GKS Foundation.

Bukan hanya air minum bersih yang diberikan, namun kebutuhan makan dan pakai, seperti beras, minyak goring, selimut dan kebutuhan pokok lainnya. Setelah sehari penuh di Wilayah Gunng Kidul, rombongan kemanusiaan ini melanjutkan besok ahrinya di daerah Klaten Yogya. Salam berbagi Kasih…!