cosmobikers.com

Email Print PDF

TDR One Team Dampingi Lomba Modifikasi Motor SMK YPT Kota Tegal

Cosmo Bikers Lovers – Kalau sudah berbicara tentang generasi muda. Yang muncul dari pikiran kita adalah “Semangat”. Tentu dalam hal ini semangat yang positif, bukan sebaliknya. Semangat dalam menerobos, semangat dalam berkompetisi, semangat dalam meraih cita-cita. Namun apa jadinya bila sebuah kota atau negara memiliki generasi muda yang tidak punya semangat dan kemauan berkompetisi. SMK YPT Kota Tegal menggandeng TDR One Team mendampingi dan menggali potensi serta mengangkat generasi muda di sekolah tersebut untuk siap berkompetisi di dunia otomotif roda dua.

Di usia masih muda, masih banyak peluang yang harus dilakukan. Tidak dibatasi ruang dan waktu. Semuanya dapat dilakukan sebisa dan sesuka mungkin. Untuk itu, dimasa muda sekarang, gunakan dengan baik dan semaksimal mungkin, agar potensi yang ada dalam diri bisa muncul keluar. Para guru di SMK YPT Kota Tegal melihat peluang untuk bisa menggali potensi yang ada pada anak didiknya. Setelah kendaraan roda empat dan gudget, para guru dibawa bimbingan kepala sekolah mencoba lagi dibidang otomotif roda dua. Kali ini pintu terbuka setelah tim TDR One Team mengunjungi sekolah tersebut beberapa waktu lalu.


Tim TDR One Team dipimpin bapa Jeffry Williar sebagai Manager Marketing TDR Industries bertemu Wakil KepSek bidang Humas, bapa Amin & Arif. Rupanya obrolan selama dua jam lebih membuahkan hasil. Dari pihak sekolah membuka pintu bagi TDR One Team untuk berbuat banyak di Sekolah tersebut. Kunjungan balasan dari SMK YPT Kota Tegal dipimpin mas Arif ke Kantor pusat TDR One Team di TDR Technology Center Cakung Jakarta Timur. Komunikasi terus berlangsung, sampai pada hari ini (Kamis, 23/11/2017) TDR One Team diundang sebagai pembicara utama dalam seminar teknologi dan sekaligus sebagai juri lomba Modifikasi kendaraan roda dua.


Modif Tetep Safety

Lomba Modifikasi motor ini dalam rangka HUT ke-41, mengambil tema “Modif Tetep Safety”. Berlangsung tanggal 23 November 2017 di ruang Laboratorium. Hampir 70 motor milik sisiwa mengikuti lomba tersebut. Pemenang lomba Modifikasi dipilih juara 1, 2, 3, dan 4 sebagai hiburan. Hadiah yang disediakan pihak sekolah, masing-masing mendapatkan piala dan sertifikat. Dan untuk menambah semangat anak-anak muda tersebut, TDR One Team menambah lagi uang berupa voucer belanja sebesar lima juta untuk juara pertama, tiga juta untuk juara dua, dan dua juta untuk juara tiga. Hadiah diserahkan oleh Kepala Sekolah, bapa Solehin, perwakilan TDR One Team bapa Benny dan bapa Jeffry.

“Even ini sangat baik bagi siswa untuk menyalurkan kreatifitasnya dibidang otomotif roda dua. Kebetulan banyak siswa memiliki motor yang sudah dimodifikasi, namun dari pahak sekolah melarang untuk menggunakan ke sekolah. Untuk itu, pihak sekolah menyediakan wadah untuk siswa-siswa ini. Dengan cara melakukan lomba modif motor. Saya sendiri juga mengikutinya, namun belum saatnya jadi juara, tapi ngga apa apa yang penting sekedar ikut untuk memeriahkanya. Mudah-mudahan tahun depan bisa juara. Selamat HUT untuk Sekolahku yang ke-41, semoga kedepan semakin jaya, “Ungkap bro Akbar jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sekaligus mewakili OSIS.


Selain lomba Modifikasi motor, pihak Sekolah juga menyelenggarakan “Seminar Teknologi Sepeda motor Roda Dua”. Pesertanya guru-guru dari berbagai SMK keresidenan Pekalongan, bahkan ada juga dari Kuningan Jawa Barat. Pembicara utama bapa Benny Rachman Manager R & D TDR Industries Asia. Makalah yang disampaikan seputar sistim kerja sebuah motor. Misalkan, pada sepeda motor terbagi menjadi 4 bagian terbesar. Seperti POWER (Engine Systems, Electrical Systems, Clutch, Transmission & CVT Systems, Induction & Exhaust Systems), HANDLING ( Suspension Systems, Wheel Systems, Brake Systems), STYLE (Body Systems, Riding Gears Systems), MAINTENANCE (Lubricants, Tools & Equipment Systems).


Seperti biasanya, setelah seminar banyak dari peserta langsung mengajukkan kerjasama dengan TDR. Sehingga membuat pa Jeffry sebagai Marketing Manager TDR kewalahan melayani mereka satu persatu. “Kami selalu siap bekerjasama dengan semu sekolah diseluruh Indonesia, namun lebih penting bagi kami, sebaiknya kalian mengetahui dulu profil TDR One Team dan apa usahanya. Untuk itu saya sarankan agar, silahkan kunjungi kantor kami terlebih dulu. Selanjutnya kita akan bicarakan lagi. Contoh seperti SMK YPT ini,” ungkap Jeffry saat melayani guru-guru peserta Seminar.

Selain guru-guru peserta seminar dan Kepala Sekolah SMK YPT Kota Tegal, hadir juga Dr. Drs. Johardi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal. Dalam sambutannya, beliau mengatakan,”Sesuai dengan tema yang diusung yakni “Modif Tetep Safety”. Betul sekali, anda boleh berinovasi dalam bidang ini, tapi jangan lupa standar yang dipakai, yaitu safety. Hal ini sudah pasti harus mengikuti aturan dari kepolisian. Biasanya dalam teori berbeda dengan praktek, nah disini TDR One Team bisa mengarahkan mereka untuk berinovasi namun tidak keluar dari aturan-aturan yang sudah dibuat pemerintah. Perlu diingat bahwa diantara mata pelajaran satu dengan lain dibutuhkan unsur-unsur inovasi yang nantinya bisa mengembangkan produk-produk TDR dengan komponen-komponen TDR lainnya. Diharapkan dengan adanya event ini, bisa menghasilkan tenaga kerja siap pakai, baik diperusahaan maupun pada saat berwirausaha nanti,” Jelas Juhardi saat menyampaikan sambutan dihadapan peserta seminar.


Sementara dari pihak TDR One Team,” Disamping menjalankan usaha bisnis seperti perusahaan pada umumnya, kami juga fokus terhadap generasi muda. Yakni mengempowering mereka dalam bidang otomotif roda dua. Salah satunya seperti event modifikasi ini. Kenyamanan dan keselamatan berkendara sangat diutamakan bagi setiap pengendara, itu adalah dua hal yang selalu kami angkat dalam setiap event. Anda boleh punya motor terlihat sangat bagus dalam penampilan, tapi kalau dua hal ini tidak diperhatiakn maka akan kami beritahukan,”Ungkap Benny diruang kerja Kepala Sekolah SMK YPT Kota Tegal.

Latihan Safety Riding juga menjadi bagian terpenting dalam event ini. Untuk itu pihak Sekolah menyerahkan kegiatan yang satu ini kepada Satlantas Polres setempat. Siswa siswa diingatkan bahwa pentingnya kesadaran berkendara merupakan tanggung jawab setiap pengendara. Bila anda sudah naik kendaraan berarti anda turut bertanggung jawab akan keselamatan diri anda dan orang lain. Bagaimana cara agar anda mengerti akan hal tersebut? Anda harus diajarkan caranya oleh yang berkepentingan.


“Digelarnya event seperti ini tujuannya untuk memberi penjelasan kepada siswa mengenai pentingnya berkendara yang baik dan benar pada saat di jalan raya. Mengingatkan siswa, pentingnya kesadaran berkendara merupakan tanggung jawab setiap pengendara. Menyiapkan surat-surat kendaraan, Menggunakan helm ber-SNI, Mematuhi rambu lalu-lintas merupakan kewajiban bagi setiap pengendara roda dua. Teori dan praktek hari ini merupakan salah satu syarat proses pengambilan SIM. Harapan kami, mudah-mudahan adik=adik kita disini bisa menangkap apa yang dijelaskan, ungkap Kasat Lantas Polres Kota Tegal AKP Sri Ningsih Iriani saat memberikan teori dihadapan ratusan siswa.


Kegiatan Safety Riding kali ini, salah seorang siswa yakni bro Akbar berhasil melakukan praktek dengan baik. Dan dia berhak mendapatkan SIM, karena siswa tersebut memenuhi syarat mendapatkan SIM. “Memang betul menurut pengamatan kami, karena dia berhasil melewati rintangan, misalnya cone zig zag, bumpy road, dan narrow plank tanpa berhenti/ jatuh ditengah rintangan. Maka dia layak menerima SIM, “Ungkap Sri Ningsih saat menemui bro Akbar. Salam One Team Empowering People…!