cosmobikers.com

Email Print PDF

DUCATI 1199 PANIGALE

Musim kompetisi motor dengan spesifikasi superbike semakin memuncak di tahun 2012. Ducati dalam mengeluarkan new line up-nya tetap berpegang teguh pada pengembangan teknologi V-Twins untuk event dunia, Superbike.

Dalam press conference launching Ducati 1199 PANIGALE di The Teatro Dal Verme, Milan - Italy, mesin dengan tipe Superquadro L-Twin 4-valve per cylinder, Desmodromic mengundang kekaguman pecinta motor besar dengan tipe super sport ini.

"Dengan keyakinan penuh dan membanggakan, ini adalah project dari perjalanan perkembangan sejarah Ducati dalam peningkatan teknologi yang dapat dirasakan langsung" dikatakan oleh President Ducati Gabriele Del Torchio. "Motor ini merepresentasikan Italian Style mulai dari penampilan, keamanan, kenyamanan berkendara hingga peningkatan kepercayaan diri dari pengguna motor ini" lanjutnya dalam launching Ducati 1199 Panigale ini.

Tipe mesin Superquadro ini diklaim adalah mesin twin cylinder paling bertenaga yang pernah diproduksi. Kata Superquadro didapatkan dari oversquare 112 x 60.8 mm tipe L-Twin. Menggunakan desain konfigurasi mesin "L" dan Desmodromic Valve Control System, Ducati mengalami perbaikan bagian kelistrikan.

Pada bagian transmisi pada Ducati 1199 PANIGALE telah mengalami perubahan, dengan gear yang lebih besar dan kuat, juga dengan sistem pelumasan pada bagian clutch, hampir sama dengan yang dipergunakan pada tipe Multistrada dan tipe Diavel.

Ducati 1199 PANIGALE saat ini adalah produk kebanggaan produksi Ducati Superbike pada abad ini. List dari parts kelistrikan yang mendukung kenyamanan berkendara (Ducati Riding Mode) telah dimiliki motor ini, seperti ABS, Ducati Traction Control (DCT), Ducati Electronic Suspension (DES), Ducati Quick-Shift (DQS), Ducati's Race-derived Engine Brake Control (EBC) adan Ride-by-Wire Throttle System, bahkan hingga display Thin File Transistor mengalami perubahan untuk pemilihan mode.

The 1199 PANIGALE tetap mengaplikasikan bahkan menyempurnakan Ducati's Engine Brake Control Systems yang didesain untuk menyeimbangkan kestabilan ketika motor mengalami perubahan (penurunan) kecepatan yang ter-monitor dari throttle position, gear selection dan penurunan transmisi untuk penyeimbangan pengereman secara tiba-tiba.

The 2012 Ducati Superbike akan tersedia dalam 3 versi yaitu: 1199 PANIGALE, 1199 PANIGALE S dan 1199 PANIGALE S Tricolore. Dengan Ducati 1199 PANIGALE S, Ohlins Adjusted electrical suspensi systems dengan tipe suspensi depan 43mm NIX30 dan suspensi belakang tipe TTX36. Untuk tipe "S" juga mendapatkan Marchesini Wheels dan desain body "Aero Kit" yang didesain khusus untuk meningkatkan aerodinamis motor.

Sedangkan untuk PANIGALE S Tricolore sudah memiliki racing muffler dengan material titanium dari Ducati Performance dan desain striping warna khusus merah, putih, dan hijau.